RINGKASAN TEMA 6 SUBTEMA 3 KELAS 3 SD KURIKULUM K13

 

Bahasa Indonesia KD 3.2

Mencari informasi di dalam wacana

·         Setiap wacana atau bacaan mengandung informasi.

·         Informasi terdapat dalam suatu paragraf.

·         Untuk menemukan informasi pada sebuah bacaan, maka harus membaca teks dengan seksama terlebih dahulu.

·         Setelah membaca wacana, biasanya akan ada pertanyaan yang berhubungan dengan teks.

·         Dalam menjawab pertanyaan, hendaknya sesuai dengan yang ada pada teks dan menggunakan bahasa yang baku.

 

Membuat daftar pertanyaan wawancara

·         Informasi bisa ditambah dengan melakukan wawancara.

·         Sebelum melakukan wawancara, maka harus ada pertanyaan terlebih dahulu.

·         Setelah membuat pertanyaan, wawancara bisa dilakukan kepada teman atau orang tua.

 Menentukan kosakata tentang energi alternatif

·         Kosakata adalah kata- kata yang dikumpulkan/ didapat dalam sebuah wacana.

·         Setelah menemukan kosakata tersebut, maka kata – kata tersebut bisa digunakan dalam sebuah kalimat.

Menuliskan kembali isi teks

·         Saat menuliskan kembali isi teks, maka hendaknya kita menggunakan kata- kata sendiri.

 ·         Teks yang baru ditulis berisi tentang pembahasan inti dari sebuah teks.

·         Teks yang ditulis tidak boleh membahas hal yang lain selain yang ada di dalam teks tersebut.

 Menjawab pertanyaan sesuai teks

·         Setelah membaca teks, kita bisa berdiskusi dengan menjawab pertanyaan.

·         Jawaban dari pertanyaan dapat ditemukan di dalam teks.

Contoh :

SBdP KD 3.1

·         Karya dekoratif adalah karya yang menonjolkan hiasan dari gabungan beberapa motif.

·         Gambar dekoratif adalah gambar yang digunakan untuk menghias.

·         Gambar dekoratif dapat digunakan untuk menghias berbagai karya seni, misalnya patung, batik, ukiran kayu dan gerabah.

·         Gambar dekoratif memiliki beberapa unsur yaitu garis, bidang, dan warna.

·         Unsur garis : garis lengkung, zig zag, dan bergelombang.

·         Unsur bidang : persegi, segitiga, dan lingkaran.

·         Unsur warna : warna biru, merah dan hijau.

 Matematika KD 3.6

·         Menentukan lama waktu kegiatan= waktu selesai kegiatan – waktu mulai kegiatan.

 

Batas Waktu Penggunaan Kemasan Makanan

·         Makanan atau minuman yang sudah melebihi batas penggunaan disebut kadaluarsa.

·         Saat membeli makanan  ato minuman berkemasan kita harus memperhatikan tanggal kedaluarsanya.

·         Apabila tanggal kedaluarsa tertera pada kemasan telah lewat maka makanan atau minuman tersebut sudah tidak layak dikonsumsi.

Contoh: EXP 080519, berarti tanggal kadaluarsa (expired) produk tersebut adalah bulan Agustus tanggal 5 tahun 2019. Atau tanggal 5 Agustus 2019.

 PJOK KD 3.6

·         Permainan bambu bertali menggunakan 2 potong bambu seukuran pensil.

·         Ukuran tali harus lebih panjang dari pada ukuran bambu.

 

Gerak menirukan kincir angin dan air

·         Gerakan ini menggunakan gerak meliuk dan memutar badan.

·         Gerakan ini dilakukan dengan menggunakan bola.

·         Gerakan ini diawali dengan sikap berdiri tegak dengan kedua tangan memegang bola di depan dada.

 

PKn KD 3.2

Kewajiban saat bermain:

1.      Memberi kesempatan kepada semua teman agar dapat ikut bermain.

2.      Bermain di tempat yang aman, seperti lapangan atau taman bermain.

3.      Menjaga kebersihan dan kenyamanan tempat bermain.

4.      Pulang tepat waktu dengan tidak bermain sampai sore.

5.      Merapikan kembali alat permainan yang dipakai.

 

Kewajiban menjaga kelestarian air:

·         Membuang sampah di tempatnya.

·         Membersihkan sampah dan lumpur di sungai.

·         Membersihkan sampah dan lumpur di saluran air.

 

Cara mengurangi sampah:

1.      Membawa kantong belanja sendiri ketika berbelanja.

2.      Mendaur ulang sampah menjadi kompos atau kerajinan.

3.      Membawa botol minum atau kotak makan saat membeli makanan.

4.      Tidak menggunakan sedotan untuk minum.

5.      Menggunakan daun untuk mengemas makanan.

 

Mencegah perilaku membuang sampah di sungai:

1.      Membuang sampah pada tempatnya.

2.      Menegur orang yang membuang sampah di sungai.

3.      Memberi saran kepada orang – orang untuk membuang sampah pada tempatnya.

 

Cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah:

1.      Membuang sampah di tempatnya .

2.      Mengadakan kerja bakri secara teratur.

3.      Melaksanakan tugas piket dengan disiplin.

4.      Mendaur ulang kertas yang telah digunakan.

5.      Membawa bekal makanan dan botol minum sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar