MATERI KAIN ADAT INDONESIA KELAS 3 SD (KD. 3.6)

KAIN ADAT INDONESIA

Kain Songket

Songket merupakan jenis kain tenun tradisional yang berasal dari Melayu dan Minangkabau. Kain ini banyak ditemukan di wilayah Sumatra. Dengan proses yang masih tradisional, kain songket dibuat dengan benang emas dan perak. Beberapa jenis songket diantaranya songket Minangkabau, songket Jambi, dan songket Palembang.

Kain Tenun

Tenun merupakan jenis kain yang dibuat dengan cara menggabungkan benang secara memanjang dan melintang. Dengan menggunakan alat tenun yang masih sangat sederhana, proses pembuatan tenun dapat memakan waktu satu minggu hingga berbulan - bulan, tergantung dari ukuran kain yang hendak dibuat. Tenun asli Indonesia menjadi favorit karenan motif dan warnanya yang cantik, diantaranya tenun ikat Timor, tenun ikat Troso, tenun ikat Lombok dan tenun ikat Sumbawa.

Kain Ulos

Kain Ulos berasal dari Batak. Kain ulos didominasi atau sebagian besar berwarna merah, hitam, dan perak, dengan corak tambahan dari benang warna emas dan perak. Pada awalnya ulos hanya dibuat dalam bentuk sarung dan selendang. Akan tetapi, saat ini dapat dijumpai ulos dalam bentuk tas, ikat pinggang, dompet dan dasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar